Kampus

8 Cara Agar Kamu Bijak dalam Mengelola Waktu

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini sebagian siswa atau mahasiswa mungkin memiliki waktu senggang yang lebih dibandingkan dengan kondisi sebelumnya sebelum pandemi itu datang, namun banyak pula sebagian dari mereka yang memiliki waktu senggang yang menjadi lebih sedikit atau berkurang, dengan demikian banyak dari mereka yang bingung untuk mengelola waktunya agar semua kewajiban yang mereka miliki dapat terlaksanakan dengan baik. Meskipun dalam kondisi pandemi, mengelola waktu itu sangat penting. Karena kita sendiri pastinya tidak mau jika kita waktu kita terbuang sia-sia hari demi hari yang telah kita lewatkan. Maka agar waktu yang kita gunakan tidak sia-sia kita perlu mengupas bagaimana cara bijak dalam mengelola waktu.

Lantas bagaimana cara bijak dalam mengelola waktu yang dapat kita lakukan?

Menurut Keenan (1995) waktu merupakan komoditi yang terbatas. Setiap orang mempunyai sumber waktu yang sama yaitu 24 jam atau setara dengan 86.400 detik setiap hari. Namun ada sebagian orang yang merasa bahwa tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan sesuatu, atau dapat dikatakan bahwa mereka memerlukan waktu lebih untuk menyelesaikan tugas dan kewajibannya, sebagian lagi justru mengaku dapat menyelesaikan banyak hal dengan waktu yang sama dibandingkan dengan orang lain.

Dalam contoh sederhananya yaitu ketika kita memikirkan seseorang teman kita yang begitu aktif dalam berbagai kegiatan, baik kegiatan akademik atau kegiatan non akademik seperti organisasi, dan mungkin kita akan bertanya mengapa orang tersebut dapat menyelesaikan tugas-tugas yang mereka miliki disertai dengan kesibukan lainnya yang mungkin akan menyita waktu lebih banyak. Jawabannya adalah mereka dapat mengelola waktu dengan bijak. Pada awalnya mungkin mereka membutuhkan penyesuaian, namun dengan niat yang kuat untuk disiplin dalam membagi waktunya, maka mereka dapat menyelesaikan berbagai tugas akademik maupun non akademik. Dan perlu kita ketahui, banyak aktivis diluar sana yang memiliki nilai akademik yang baik, padahal kita tahu bahwa mereka disibukan dengan berbagai kegiatan , namun mereka berhasil membuktikan bahwa setiap manusia dapat memperoleh sebuah hasil yang baik dengan sebuah kerja keras dan kedisiplinan dan tentunya kebijakan dalam mengelola waktu.

Penilaian diri

Perlu kita ketahui bahwa salah satu cara untuk mengetahui masalah yang betul-betul terjadi pada diri kita adalah dengan melakukan penilaian diri. Karena langkah pertama dalam meningkatkan keterampilan manajemen waktu adalah melakukan penilaian diri dalam menggunakan waktu.

Langkah yang dapat dilakukan meliputi :

Menganalisis penggunaan waktu saat ini

Dalam menganalisis penggunaan waktu, kita perlu mengajukan beberapa pertanyaan pada diri kini terkait penggunaan waktu yang telah kita habiskan. Salah satu contoh pertanyaannya yaitu seberapa besar proporsi pekerjaan yang dikerjakan sesuai target. Dengan demikian kita akan mengetahui sejauh mana kita mampu dalam menyelesaikan sebuah target disertai dengan durasi waktu yang telah kita habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mengidentifikasi hal-hal yang memboroskan waktu

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Hal-hal yang memboroskan waktu perlu kita ketahui, karena agar waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia. Kebanyakan orang baru menyadari bahwa banyak waktu mereka yang terbuang dengan percuma dengan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang sering dilakukan. Salah satu contohnya yaitu ketika kita menggunakan media social dengan tidak bijak, dimana yang kita lihat tidak memberikan informasi dan pengetahuan yang baik dan bermanfaat bagi kita. Contoh lainnya adalah gaya hidup remaja saat ini yaitu tidak lain adalah nongkrong bersama teman, sebenarnya hal tersebut memang ada manfaatnya namun proporsi manfaatnya sangat sedikit dibandingkan kerugiannya. Jika kita berkumpul bersama dengan teman dan disertai pembahasan hal yang bermanfaat itu bukan hal yang merugikan, namun sebaliknya jika kita berkumpul dengan teman namun tidak ada hal positif yang kita dapatkan, dan hanya membuang waktu yang cukup lama, maka hal tersebut termasuk kedalam hal yang memboros-boroskan waktu.

Mengubah kebiasaan

Mengubah kebiasaan merupakan hal yang sangat sulit dilakukan, karena sebuah kebiasaan pasti telah melekat dengan diri kita, namun jika kita memang memiliki niat yang kuat untuk mengubah sebuah kebiasaan pasti lambat laun kita akan mulai beradaptasi dan akan berubah kebiasaan yang kurang baik yang sebelumnya melekat pada diri kita.

Strategi Mengelola Waktu

Ada beberapa strategi manajemen yang dapat kita lakukan. Seseorang dianjurkan untuk meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk membuat sebuah jadwal kegiatan yang akan mereka lakukan.

Membiasakan diri untuk menyiapkan daftar

Daftar ini akan membantu kita dalam mengatur waktu dengan bijak.Merencanakan kegiatan

Merencanakan kegiatan tertentu

Photo by Estée Janssens on Unsplash

Merencanakan kegiatan tertentu dilakukan pada waktu tertentu pula. Hal ini perlu komitmen diri terhadap rencana kegiatan yang akan dilakukan dan disertai kedisiplinan diri.

Memprioritaskan tugas-tugas berdasarkan tingkat kepentingannya

Misalnya kita lebih memprioritaskan tugas yang memang tenggat waktunya sudah sangat dekat, atau kita dapat memilih untuk memprioritaskan mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu, agar nantinya kita tidak keteteran.

Menemukan waktu bekerja yang optimal

Setiap orang pasti memiliki waktu optimal untuk bekerja, dengan demikian waktu tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas secara maksimal.

Menentukan prioritas

Kita perlu memprioritaskan hal tertentu yang memang dirasa sebuah kepentingan dan berdampak besar dalam kehidupan kita. Setiap orang pasti memiliki prioritas yang berbeda, ada sebagian orang yang lebih memprioritaskan untuk mendapatkan nilai yang baik, namun ada sebagian orang pula yang lebih memprioritaskan sebuah organisasi karena mereka memiliki sebuah tanggung jawab yang tidak boleh mereka tinggalan. Untuk mengetahui mana yang harus dijadikan sebuah prioritas kamu dapat bertanya pada diri sendiri dan melakukan penilaian diri terhadap berbagai hal.

Sekian Info dari kami tentang  Tips Bijak dalam Mengelola Waktu . Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau seputar kampus  ini. Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih

Tags

Hasna Rahma

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjdjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close