Kampus

5 Perbedaan Anak SMA dan Anak Kuliah

Kuliah merupakan dambaan bagi para siswa. Apalagi untuk temen temen yang masuk Perguruan Tinggi yang telah didamba dambakan sebelumnya. Berkuliah bisa saja disebut sebuah jembatan menuju dunia pekerjaan. Karena itu temen temen jangan mengangap remen dunia perkuliahan. Menimba ilmu di Perguruan Tinggi  tak semudah yang temen temen alami di dunia persekolahan sebelumnya. Perlu yang namanya sebuah ancang ancang sebelum masuk dunia perkuliahan. Tekanannya pun lebih kompleks ketimbang dunia persekolahan. Karena itu temen temen harus memiliki bekal sebelum masuk dunia Kuliah.

Kali ini admin akan membagikan perbedaan anak sma dan anak kampus dari beberapa kategori dibawah ini

Jadwal Sekolah atau Kuliah

Pada umumnya anak SMA mengikuti Jadwal dari jam 7 sampai sore. Dalam sehari medapatkan sitirahat dua kali dan waktu sore biasanya dipakai untuk program ekstrakulikuler. Namun berbeda dengan anak kuliah.

Jadwal perkuliahan tidak selalu penuh, terkadang ada hari kosong dalam satu minggu. Jadwal kuliah biasanya dalam satu hari ada 1 sampai 2 mata kuliah saja. Wah enak ya? eits jadwal tersebut belum termasuk praktikum dan kelas dadakan loh sobat.

Jam Kosong

Anak SMA mendapat kedisiplinan dalam belajar mengajar dikelas, biasanya guru akan masuk kedalam kelas. Kadang jam pertama kosong tiba- tiba Gurunya datang ke kelas. Kalau jam kosong biasanya ada guru pengganti atau memang benar benar tidak bisa mengajar karena ada urusan mendesak.

Engga beda jauh si sama anak kuliah. Dosen bisa saja engga masuk kelas karena ada urusan mendesak. Tapi di perkuliaahan jam kosong itu harus diganti dengan kelas pengganti, jadi harus mencari kelas dihari lain.

Cara Berpakaian

Pastinya anak SMA mengenakan pakaian bawah abu dan atas kemeja putih atau berseragam. Terkadang ada siswa/i yang ingin tampil fashionabel dan jatuhnya memaksakan. Memakai jaket didalam sekolah, memakai sepatu diluar ketentuan dan akhirnya langganan Ibu BP. Jangan sampai jadi langganan BP ya sobat edura.

Anak Kuliah pastinya memakai baju bebas asalkan sopan. Setiap program studi mempunyai kriteria “sopan” yang berbeda. Ada yang diharuskan memakai kemeja, ada juga yang memakai kaos. Jadi pakaian itu tergantung Program Studi dan dosennya.

Jadwal Pelajaran

Anak SMA belajar full dari hari senin- jum’at dan semua mata pelajarannya sudah ditentukan oleh sekolah itu sendiri. Jadi siswa/i tidak perlu repot-repot menentukan jadwal pelajaran.

Berbeda dengan anak kuliah. Mahasiswa/i harus menyusun jadwal kuliahnya sendiri. Dimulai dari memilih mata kuliah, memilih hari, kelas dan jam perkuliahannya. Tapi biasanya mahasiswa semester 1 dan 2 mendapatkan paket dari Fakultasnya masing – masing .

Tenaga Pengajar

Pastinya tenaga pengajar disekolah adalah guru. Guru yang mengajar di sekolah dengan semangatnya guru juga sering mencari siswa/i yang perlu dibantu secara akademik maupun psiki. Jadi benar bila guru itu “pahlawan tanpa jasa”.

Berbanding terbalik bila di perkuliahan. Mahasiswa akan mengejar dosennya tersebut walaupun harus keluar kota. Biasanya mahasiswa tingkat akhir yang akan banya mencari dosen. Tapi banyak juga kok dosen yang mencari mahasiswanya, so… jangan takut ya.


Sekian Info dari kami tentang 5 Perbedaan Anak SMA dan Anak Kuliah.  Informasi yang kami ambil merupakan Opini dari pengalaman penulis  .Untuk konsultasi mengenai pendidikan atau lebih spesifiknya tentang perkuliahan . Kamu dapat menghubungi kami lewat akun instagram kami ya. Silakan klik disini untuk menghubungi kami lewat instagram.

Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter dan mailing list kita untuk dapatkan info update yang akan kami kirim melalui browser notification dan email kamu.

Terima Kasih….

Semangat mengejar cita-citamu yaa sobat Edura !

Tags

M Mahardika Rafi ' Setiko

Mahasiswa S1 Agroteknologi Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close