SBMPTNSoshum

10 Pilihan Karir Lulusan Akuntansi

Hallo sahabat edura. Masih bingung buat pilih jurusan? Nih, ada rekomendasi jurusan dari kita yaitu jurusan akuntansi yang merupakan salah satu jurusan favorit yang selalu diperebutkan calon mahasiswa setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari tahun ke tahun, jurusan akuntansi selalu masuk dalam 10 besar jurusan terketat dalam proses seleksi perguruan tinggi.

Hal menarik lainnya adalah Jurusan Akuntansi masuk dalam 9 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Anggapan bahwa lulusan dari jurusan akuntansi memiliki prospek yang cerah di masa depan menjadi alasan utama calon mahasiswa memilih jurusan akuntansi sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikannya.

Fakta menariknya, meski jurusan akuntansi termasuk rumpun sosial, jurusan akuntansi ternyata tidak hanya diminati oleh murid yang memiliki latar belakang IPS saja. Murid dengan latar belakang IPA juga cukup banyak yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya ke jurusan akuntansi.

Karir Lulusan Akuntansi

Setelah mulai ke dunia karir sebagai lulusan akuntansi. Tentu kita akan mulai memikirkan rekomendasi pekerjaan apa atau pilihan pekerjaan yang dapat diambil.

Karena ada baiknya sebelum kita memutuskan untuk masuk ke jurusan tersebut. Terlebih dahulu kita lihat prospek dari jurusan tersebut terhadap karir di masa depan kita.

Berikut adalah profesi yang bisa dipilih oleh mahasiswa jurusan akuntansi setelah lulus:

Akuntan Publik

Akuntan publik menjadi salah satu karir lulusan akuntansi. Akuntan publik merupakah akuntan independen yang bertugas menganalisis dan memeriksa laporan keuangan suatu perusahaan tanpa ada ikatan kepentingan dengan perusahaan. Nantinya akuntan publik akan menerima fee dari pengguna jasanya.

Untuk menjadi seorang akuntan publik, perlu memperoleh izin dari Menteri Keuangan dan memiliki sertifikasi CPA (Certified Public Accountant) yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) yang merupakan asosiasi profesi resmi yang diakui pemerintah.

Kisaran gaji seorang akuntan publik fresh graduate sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta. Sementara untuk posisi senior bisa mencapai Rp10 juta hingga Rp15 juta.

Auditor Internal

Pilihan kedua karir lulusan akuntansi adalah Auditor Internal. Auditor internal memiliki tugas sebagai pemeriksa internal perusahaan yang bertugas atas kepentingan manajemen perusahaan.

Dalam proses kerjanya, auditor internal lebih banyak ditugaskan untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi pada manajemen perusahaan.

Rekomendasi yang dimaksud, berhubungan dengan kepatuhan operasional perusahaan terhadap SOP dan sistem pengendalian internal, terhadap regulasi, dan juga terhadap konsep Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

Kisaran gaji seorang auditor internal fresh graduate sekitar Rp7 juta hingga Rp10 juta. Sementara untuk auditor internal yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikasi CIA (Certified Internal Auditor) bisa mendapatkan gaji diatas Rp12 juta.

Akuntan Internal

Akuntan internal merupakan seorang akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan internal bertugas untuk menyusun laporan keuangan perusahaan yang ditujukan kepada pihak-pihak yang terkait.

Jabatan yang bisa diduduki oleh akuntan internal mulai dari staf sampai dengan direktur keuangan. Selain itu, akuntan internal juga terbagi lagi menjadi beberapa bidang yaitu:

  • Akuntansi keuangan, bertanggung jawab atas pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan manajemen, dan laporan keuangan.
  • Akuntansi biaya, bertanggung jawab untuk menganalisis dan mengawasi biaya produksi maupun operasional perusahaan.
  • Penganggaran, melakukan penetapan pendapatan dan pengeluaran perusahaan yang disertai perencanaan rinci untuk mencapai sasaran tersebut. Selain itu, bertindak juga sebagai pengawas jalannya operasi perusahaan dengan membandingkan data aktuan dengan data anggaran.
  • Sistem Informasi, melakukan identifikasi kebutuhan informasi untuk keperluan internal maupun eksternal perusahaan. Setelah itu, dilakukan perancangan dan pengembangan sistem informasi yang sesuai.

Untuk kisaran gaji seorang akuntan internal fresh graduate antara Rp4,5 juta hingga Rp6 juta. Semakin tinggi jabatan yang dijabat akuntan internal tentu semakin tinggi pula gaji yang diperoleh.

Perencana Keuangan

Tren peningkatan kesejahteraan dan tumbuhnya golongan menengah di Indonesia menghadirkan peningkatan permintaan terhadap jasa konsultasi perencanaan keuangan.

Untuk menjadi seorang perencana keuangan, seorang lulusan akuntansi perlu mengambil sertifikasi CFP (Certified Finacial Planner) agar lebih terpercaya dalam mejalani profesi perencana keuangan.

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi CFP, diwajibkan untuk lulus beberapa mata ujian yaitu Foundation in Financial Planning, Investment Planning, Risk Management & Insurance Planning and Retirement, Income Tax, dan Estate Planning.

Pada praktiknya, seorang perencana keuangan tidak mendapat gaji bulanan. Pendapatannya tergantung dari fee yang diterima dari klien atas jasa konsultasi yang diberikan. Fee yang diterima ada pada kisaran Rp300 ribu sampai dengan Rp3 juta per jam.

Konsultan Pajak

Seiring dengan semakin dinamisnya aturan perpajakan membuat permintaan akan jasa konsultasi perpajakan.

Seorang konsultan pajak bertugas untuk memberi jasa konsultasi perpajakan dalam rangka menjalani hak dan memenuhi kewajiban perpajakan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk bisa berpraktik sebagai konsultan pajak, perlu mengikuti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) yang diadakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Jika lulus ujian sertifikasi tersebut, seorang profesional berhak mendapat gelar BKP (Bersertifikat Konsultan Pajak).

Seorang konsultan pajak juga tidak mendapat gaji bulanan dan hanya mengandalkan fee yang dibayarkan oleh klien. Besaran fee seorang konsultan pajak sangat variatif tergantung dari jenis pekerjaan, tingkat kesulitan kasus pajak, dan jangka waktu penyelesaian.

Analis Kredit

Perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan pembiayaan sangat memerlukan posisi analis kredit.

Posisi ini sangat vital dalam menentukan kemampuan seorang calon debitur dalam hal pembayaran kembali pokok pinjaman beserta bunganya. Selain itu, analis kredit juga berperan untuk menilai, mengevaluasi, dan menentukan nominal pinjaman yang pantas untuk diberikan kepada debitur.

Seorang analis kredit fresh graduate memiliki rata-rata gaji sekitar Rp6 Juta hingga Rp8 Juta. Sementara yang sudah berpengalaman memiliki gaji sekitar Rp12 juta hingga Rp18 juta.

Akuntan Pendidik

Pada dasarnya, akuntan pendidik merupakan profesi yang bekerja untuk memberikan pengajaran mengenai materi keilmuan akuntansi baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Selain itu, akuntan pendidik juga bisa bekerja menjadi sebagai peneliti di sebuah lembaga riset yang memiliki konsentrasi pada isu keilmuan akuntansi yang beredar di masyarakat.

Untuk gaji seorang akuntan pendidik rata-rata sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta.

Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah merupakan seorang akuntan yang berkarier pada lingkungan pemerintahan. Seorang akuntan pemerintah biasanya berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil yang telah lulus proses seleksi.

Tugas utama akuntan pemerintah adalah menyusun laporan keuangan pemerintah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Selain itu, akuntan pemerintah juga bisa melakukan tugas pemeriksaan pada instansi pemerintah di berbagai tingkat.

Untuk gaji seorang akuntan pemerintah biasanya disesuaikan dengan golongan jabatan tempat akuntan pemerintah mengabdi. Selain itu, akuntan pemerintah juga menerima tunjangan diluar gaji pokok seperti tunjangan keluarga, tunjangan anak, tunjangan kinerja, dan lain sebagainya.

Wirausaha

Lulusan akuntansi tentu sangat cocok untuk menjadi seorang wirausahawan. Alasannya, ketika kuliah banyak sekali mata kuliah yang berhubungan dengan pengembangan bisnis seperti manajemen keuangan, manajemen stratejik, komunikasi bisnis, akuntansi biaya, dan lain-lain.

Hanya saja, seorang lulusan akuntansi perlu mempelajari ilmu lain seperti manajemen pemasaran, manajemen SDM, dan strategi negosiasi agar bisa melengkapi keilmuan yang telah didapat saat kuliah untuk menjalankan bisnis.

Sekian penjelasan dari profesi yang bisa dipilih oleh mahasiswa jurusan akuntansi setelah lulus. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Edu. Sahabat Edu juga dapat mengajukan pertanyaan ataupun request penjelasan setiap Jurusan  kepada Tim Edura Indonesia melalui Instagram kami.

Jika kalian ingin belajar untuk UTBK SOSHUM. Kalian juga dapat mendownload ebook berikut ini ya, 5 Ebook Gratis untuk LOLOS SBMPTN SOSHUM. Sekian dari admin, Terimakasih sudah membacanya. Jangan lupa bahagia

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close